• Breaking News

Penjelajah Nasa Mars: Robot ketekunan menuju pendaratan yang menakutkan

Robot beroda enam itu dengan cepat mendekati Mars setelah menempuh perjalanan selama tujuh bulan, 470 juta km dari Bumi, yang pastinya akan menjadi bagian paling menantang dari misinya.

Itu harus menempatkan dirinya dengan aman di Planet Merah - tugas yang telah membingungkan begitu banyak pesawat ruang angkasa sebelumnya.

Tetapi jika Ketekunan berhasil, ia memiliki peluang luar biasa untuk menemukan tanda-tanda kehidupan masa lalu di Mars.

Tidak pernah ada misi sains yang pergi ke planet ini dengan seperangkat instrumen yang begitu canggih; tidak pernah ada robot yang menjadi sasaran di lokasi yang begitu menjanjikan.

Kawah Jezero, zona pendaratan yang dimaksudkan, memiliki semua ciri khas citra satelit karena pernah memiliki danau raksasa. Dan di mana ada air yang melimpah, mungkin ada biologi juga.

Ketekunan akan menyaring dan mengebor sedimen untuk mencari jejak aktivitas mikroba purba. Contoh paling menguntungkan akan dikemas untuk kembali ke Bumi oleh misi selanjutnya.

"Tetapi sebelum kami dapat menjalankan misi permukaan itu, kami harus mendarat di Mars dan itu selalu merupakan prestasi yang menantang," kata Matt Wallace, wakil manajer proyek Nasa untuk Perseverance.

"Ini adalah salah satu manuver tersulit yang kami lakukan dalam bisnis luar angkasa. Hampir 50% pesawat luar angkasa yang dikirim ke permukaan Mars telah gagal, jadi kami tahu bahwa pekerjaan kami dihentikan untuk turun dengan selamat di Jezero."

Sumber: https://www.bbc.com/news/science-environment-56103231