• Breaking News

Survei astronomi bertujuan untuk meningkatkan kecepatan pasukan robot kecil

Itu adalah salah satu pekerjaan yang aneh dan lebih monoton dalam astronomi: memasang serat optik ke dalam ratusan lubang di pelat aluminium. Setiap hari, teknisi Sloan Digital Sky Survey (SDSS) menyiapkan hingga 10 pelat yang akan ditempatkan malam itu di fokus teleskop survei di Chile dan New Mexico. Lubang-lubang itu cocok dengan posisi persis bintang, galaksi, atau objek terang lainnya dalam pandangan teleskop. Cahaya dari setiap objek jatuh langsung pada serat dan dibawa ke spektrograf, yang membagi cahaya menjadi panjang gelombang komponennya, mengungkapkan detail utama seperti objek terbuat dari apa dan bagaimana ia bergerak.

Sekarang, setelah 20 tahun, SDSS menjadi robot. Untuk rangkaian survei kelima proyek yang akan datang, yang dikenal sebagai SDSS-V, pelat steker diganti dengan 500 lengan robot kecil, masing-masing memegang ujung serat yang berpatroli di area kecil bidang fokus teleskop. Mereka dapat dikonfigurasi ulang untuk peta langit baru dalam 2 menit. Survei langit lainnya juga mengadopsi robot cepat. Mereka tidak hanya akan menghemat waktu pengamatan yang berharga, tetapi juga memungkinkan survei untuk mengikuti satelit Gaia Eropa, Observatorium Vera C.Rubin yang akan datang di Chili, dan upaya lain yang menghasilkan katalog besar objek yang membutuhkan studi spektroskopi. “Ini didorong oleh ilmu survei pencitraan yang sangat besar,” kata astronom Richard Ellis dari University College London.

COVID-19 telah menunda perubahan robotik SDSS. Teleskop utara survei di Apache Point Observatory di New Mexico mulai mengambil data SDSS-V pada Oktober 2020 menggunakan pelat steker. Ini bertujuan untuk beralih ke robot pada pertengahan 2021. Lingkup selatan di Las Campanas Observatory di Chili akan menyusul di akhir tahun. “Ini pisang,” kata Direktur SDSS-V Juna Kollmeier dari Observatorium Carnegie, “tapi kami melihat ujung terowongan.”

Robot menandai babak baru untuk SDSS. Selama 10 tahun sebagian besar waktunya digunakan untuk mempelajari energi gelap, gaya misterius yang mempercepat perluasan alam semesta. SDSS memisahkan cahaya jutaan galaksi untuk menentukan jarak mereka, melalui pergeseran merah — pergeseran Doppler dalam cahayanya karena perluasan alam semesta, seperti ratapan sirene yang surut. Hasil dari survei galaksi, yang dirilis pada Juli 2020, menelusuri perluasan alam semesta melalui 80% sejarahnya dengan presisi 1%, membenarkan efek energi gelap, mungkin misteri terbesar dalam kosmologi. Untuk memecahkannya, diperlukan melihat lebih jauh ke masa lalu ke galaksi yang lebih redup, yang berada di luar kemampuan teleskop 2,5 meter survei.

Sebagai gantinya, cakupan akan melakukan tiga survei baru. Milky Way Mapper akan mengumpulkan spektrum dari 6 juta bintang, menyelidiki komposisinya untuk mengetahui berapa lama mereka telah terbakar dan menempa unsur-unsur berat. “Bintang adalah semua jam,” Kollmeier menjelaskan. Dengan perkiraan usia, para astronom dapat mengetahui kapan bagian-bagian Bima Sakti terbentuk. Pergeseran halus dalam komposisi juga dapat mengungkapkan apakah sekelompok bintang berasal dari galaksi lain atau gugus bintang yang telah dimasukkan ke dalam galaksi kita — sebuah pelepasan sejarah Bima Sakti yang disebut arkeologi galaksi.

Dalam survei kedua, Black Hole Mapper, serat optik akan mengumpulkan cahaya dari galaksi terang untuk mempelajari lubang hitam supermasif yang mereka dukung. Pergeseran Doppler dalam spektrum gas bercahaya yang mengelilingi lubang hitam ini dapat mengungkapkan seberapa cepat mereka melemparkan materi ini ke sekitarnya — dan dengan demikian seberapa beratnya. Pergeseran spektrum dapat melacak bagaimana mereka melahap dan memuntahkan aliran gas ini. Dengan melacak gas dari waktu ke waktu, kata Kollmeier, para astronom dapat mempelajari bagaimana lubang hitam tumbuh, yang tampaknya sejalan dengan galaksi mereka.

Survei ketiga, Local Volume Mapper, akan menyatukan serat seperti detektor multi-piksel untuk mendapatkan spektrum dari awan gas antarbintang dalam galaksi terdekat. “Kami memetakan seluruh galaksi dengan detail yang sangat indah pada satu waktu,” kata Kollmeier. Dengan menentukan gerakan dan komposisi awan gas, tim SDSS berharap dapat mengidentifikasi mengapa beberapa awan runtuh menjadi bintang dan yang lainnya tidak.

Sementara itu, pencarian energi gelap yang dipelopori oleh SDSS akan berpindah ke Instrumen Spektroskopi Energi Gelap, spektograf robot 5.000 serat pada teleskop 4 meter di Arizona. Ia akan segera mulai melacak jarak ke puluhan juta galaksi di alam semesta yang jauh.

Sumber: https://www.sciencemag.org/news/2021/02/robots-are-speeding-most-boring-job-astronomy